Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 TIPS MEMPERKECIL RESIKO USAHA BAGI ANDA YANG BARU MULAI BISNIS

Disewa di saat baru mulai berbisnis rasa takut ini kerapkali menghantui para pebisnis pemula. Memang betul jika kegagalan ini mungkin saja terjadi akan tetapi kekawatiran jangan sampai membuat anda takut di dalam berbisnis.

Bagi Anda yang baru pertama kali memulai usaha maka anda harus mengetahui risiko apa saja yang mungkin anda alami. Jangan sampai Anda hanya membayangkan kesuksesan yang mungkin akan digapai akan tetapi memikirkan juga dampak buruk jika bisnis yang Anda jalani ini gagal. 







Oleh karena itu ada baiknya bagi anda untuk memperhatikan saran saran berikut ini agar Anda dapat mengurangi resiko usaha yang anda jalani ini gagal. Berikut ini beberapa tips memperkecil resiko usaha yang baru dimulai.

1.Menjalankan bisnis sesuai dengan hobi atau keahlian

Tips untuk memperkecil resiko di dalam memulai usaha yang pertama ialah dengan menjalankan bisnis sesuai dengan hobi atau keahlian yang anda punya. Anda disarankan untuk menjalankan bisnis yang sesuai dengan minat dan skill ataupun keterampilan yang anda miliki. Berbisnis di luar dari hal yang 

Anda suka atau kuasai ini akan membuat anda lebih jenuh dan tidak menyukai pekerjaan Anda. Dan sebaliknya jika anda berbisnis dengan hal yang Anda suka atau kuasai maka ini akan membuat anda lebih mampu untuk mengolahnya. Ketika anda sudah mempunyai bekal di dalam pengetahuan ataupun keahlian di dalam mengatasi berbagai tantangan yang muncul sehingga faktor resiko otomatis ini berkurang dikarenakan anda telah lebih siap di dalam menghadapinya.

2.Memilih usaha yang sesuai dengan modal

Untuk dapat memperkecil resiko di dalam memulai usaha yang selanjutnya ialah dengan memilih usaha yang sesuai dengan modal yang anda miliki. Terdapat banyak peluang bisnis yang bermodal kecil ataupun besar.

Akan tetapi jika modal yang anda miliki ini terbatas maka anda tidak disarankan untuk memaksakan diri anda untuk langsung memulai bisnis besar. Semakin besar dari bisnis ini maka semakin besar pula resikonya, maka lebih baik anda perlu untuk menyesuaikan bisnis yang Anda mulai sesuai dengan modal yang tersedia supaya dapat mengurangi resiko usaha yang mungkin akan terjadi. 

3.Mencari tahu prospek bisnis yang dipilih

Untuk dapat memperkecil resiko usaha yang selanjutnya ialah mencari tahu prospek bisnis yang dipilih. Terdapat produk yang sedang trend hari ini belum tentu ini akan menjadi tren di dalam beberapa tahun ke depan. Tidak semua produk yang booming ini akan terus diminati oleh masyarakat. Oleh karena itu Anda harus selalu mencari tahu dan perkirakan prospek terhadap produk yang Anda ingin bisnis caranya ialah dengan anda melakukan riset pasar terlebih dahulu untuk dapat mengevaluasi bisnis yang Anda jalankan.

4.Mempunyai pemasukan dari sumber yang lain

Anda boleh saja jika anda ingin langsung berbisnis setelah anda mengundurkan diri dari pekerjaan. Akan tetapi, yakinkah anda bahwa anda akan sanggup membiayai hidup anda dengan hanya mengandalkan pemasukan dari bisnis baru anda? Oleh karena itu agar lebih waspada Anda sebaiknya perlu untuk mempunyai sumber penghasilan dari hal yang lainnya.

Contohnya ketika anda ingin memulai bisnis toko online maka anda juga perlu untuk mempunyai pekerjaan sampingan di waktu luang sebagai seorang penulis freelance. maka dengan begitu jika suatu hari bisnis toko online Anda ini rugi atau gagal maka anda masih mempunyai pemasukan dari menulis. Apakah hidup Anda ini akan masih terjamin dan anda bisa mulai untuk mengumpulkan uang lagi dan mencoba bisnis Anda kembali.

Itulah dia beberapa tips untuk memperkecil resiko di dalam memulai usaha yang baru. Semoga bermanfaat!!

by:buatmakalah,com