Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 CARA MENABUNG BAGI ANAK SEKOLAH YANG BIKIN SEMANGAT

Merupakan salah satu hal yang penting bagi orang tua untuk mengajarkan anak mereka cara menabung sejak dini. Apabila mereka sudah diajarkan sejak dini maka anak ini akan merasa terbiasa untuk tidak menghambur-hamburkan uang yang mereka miliki. Karena masih belum bekerja dan keuangan anak masih bergantung dengan orang tua akan tetapi bukan berarti anak tidak bisa menyisihkan uang pemberian orang tuanya untuk ditabung.







Anak sekolah biasanya akan mendapatkan uang saku pada setiap harinya dan tentu saja ini kesempatan yang besar untuk menyisihkan sebagian dari uang tersebut untuk menabung. Akan tetapi tidak jarang juga masih ada yang belum bisa menabung dari uang saku tersebut. 

Agar dapat menabung sebaiknya Anda bisa menyimak beberapa cara menabung untuk anak sekolah yang unik membuat semangat untuk menabung di bawah ini. 

1. Menggunakan celengan yang unik dan menarik

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk mengajarkan anak untuk menabung sejak dini ialah dengan menggunakan celengan yang unik dan menarik. Cara yang satu ini dinilai cukup efektif untuk dapat membuat anak sekolah menjadi lebih semangat untuk menabung. Dengan cara ini ini akan membuat anak tertarik untuk menabung dikarenakan menggunakan celengan yang unik dan menarik yang membuatnya tertarik untuk terus mengisinya.

Tidak hanya itu dengan menggunakan celengan seperti ini juga dapat berguna untuk mengasah kreativitas anak dan juga menjadi salah satu contoh dengan membuat celengan sendiri dari bahan-bahan bekas ataupun membentuknya dengan sebaik mungkin. 

2. Menabung setiap hari dengan nominal yang kecil

Cara untuk menabung bagi anak sekolah yang bisa diterapkan sejak dini yang selanjutnya ialah menabung setiap hari dengan nominal yang kecil. Menabung ini tidak harus dengan nominal yang besar. Yang mana tidak salah menabung dengan nominal yang kecil akan tetapi dilakukan setiap hari. Jika kebiasaan rutin ini dilakukan dengan nominal yang kecil tersebut maka akan menjadi nominal yang besar. Tentu saja ini merupakan cara yang lebih baik jika dibandingkan dengan menamu dengan nominal yang besar akan tetapi hanya dilakukan beberapa bulan sekali saja.

3. Tidak membuang uang receh

Cara menabung bagi anak sekolah yang bisa diterapkan selanjutnya ialah tidak membuang uang receh. Kini banyak orang dewasa maupun anak-anak yang meremehkan keberadaan dari uang receh ataupun uang koin. Meskipun uang receh atau pecahan dari 100 sampai 200 rupiah ini tidak dapat digunakan untuk membeli barang akan tetapi bukan berarti anda bisa meremehkan uang. Mulai dari sekarang anda bisa mengubah pikiran seperti itu dikarenakan uang receh ini tidak kalah berharganya dengan uang yang lainnya.

Uang receh tersebut Anda bisa tabung yang lama-kelamaan akan menjadi nominal yang besar. Dan jika mempunyai uang receh sebaiknya Anda bisa memasukkan ke celengan lalu di saat sudah penuh bisa Anda tawarkan ke warung ataupun supermarket. Uang yang ditukar tersebut ini dapat digunakan untuk membeli barang yang dibutuhkan untuk keperluan yang lain.

4. Menabung di dalam toples transparan

Cara menabung bagi anak sekolah yang bisa diterapkan selanjutnya ialah dengan menabung di dalam toples transparan. Cara menabung anak sekolah yang unik ini akan membuat semangat. dengan cara ini ternyata cukup efektif untuk dapat mendorong anak-anak menjadi lebih semangat dan di dalam menabung. hal ini juga dikarenakan uang yang ditabung di dalam toples tersebut dapat terlihat sehingga dapat mensugesti anak-anak untuk melihat jumlah uang yang ditabung setiap harinya. Agar lebih semangat lagi sebaiknya Anda bisa menempelkan tulisan ataupun foto dari tujuan anda menabung. 

Itulah dia beberapa cara menabung bagi anak sekolah yang bisa menjadi referensi anda untuk dilakukan. Semoga bermanfaat!!