Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Tanaman Hias paling gampang dirawatan

Bagi kamu yang ingin memulai hobi bertanam dan mengoleksi tanaman hias, baik tanaman daun maupun yang berbunga, tak perlu bingung soal tanaman apa saja yang gampang perawatannya.

Tanaman hias mencakup semua tumbuhan, baik itu yang merambat, semak, ataupun pohon yang sengaja ditanam dengan maksud menikmati keindahannya. 

Saat ini banyak orang mulai menanam berbagai tanaman hias yang tidak diduga memiliki nilai jual yang cukup tinggi


Selain karena mengikuti tren yang sedang viral ternyata menanam tanaman hias justru memiliki banyak manfaat yang tak terduga, salah satunya menjadi filter udara terbaik karena proses fotosintesis yang menyerap karbondioksida dan menghasilkan oksigen sehingga udara diruangan tersebut menjadi segar.

Memiliki hobi merawat tanaman dan mengembangkan hobi tersebut jadi alternatif penghilang stres. 

Dimasa yang serba sibuk ini terkadang memiliki tanaman hias yang dirawat sendiri hanya sebatas keinginan karena tanaman tersebut memerlukan perhatian khusus tapi jangan khawatir bagi kita yang baru ingin bertanam ada beberapa jenis yang dapat kita pilih seperti yang telah kami rangkum berikut ini :

1. Kaktus

Kaktus merupakan tanaman yang tahan terhadap perubahan dan kelembapan cuaca yang rendah, sehingga kaktus menjadi tanaman yang sangat mudah dalam perawatan. Sebab, kamu tak perlu setiap hari menyiramnya. 

Adapun jenis kaktus yang bisa kamu pilih sebagai tanaman hias di antaranya adalah jenis Ariocarpus ini justru tidak memiliki duri sama sekali, jenis Astrophytum ini bentuknya menyerupai bintang atau buah belimbing, jenis Echinocactus grusonii ini bentuknya menyerupai gentong.

Manfaat tanaman kaktus di dalam ruangan adalah membersihkan udara. Kaktus berfungsi sangat baik untuk membersihkan udara dan membuang racun. Hal ini tentunya membuat ruangan semakin nyaman untuk ditempati.

2. Sekulen

Sekulen menyerupai kaktus ini menjadi tanaman hias yang cocok dicoba oleh pemula sebagai dekorasi untuk mempercantik rumah.

sukulen mudah dirawat karena membutuhkan sedikit air tapi cara terbaik adalah menghindari sinar matahari langsung karena daunnya bisa terbakar..

tanaman ini biasanya diletakan di atas meja tamu sebagai hiasan yang akan memanjakan mata tamu yang datang. Kamu bisa menanamnya di dalam pot yang berbentuk unik, serta tidak perlu sering menyiramnya karena sukulen tidak memelurkan banyak air.

Selain tampilannya yang cantik, rupanya sukulen juga memiliki sejumlah manfaat yang baik untuk kesehatan.

Menurut penelitian, meletakkan tanaman di dalam ruangan mampu menghilangkan 87 persen racun di udara dalam waktu 24 jam.

Selain itu, tanaman sukulen juga dapat melindungi diri dari gangguan kesehatan seperti batuk, sakit tenggorokan, dan masalah pernapasan lainnya.

Sekulenpun memiliki banyak jenis diantaranya adalah jade Plant atau Tanaman Giok ini mirip dengan tanaman bonsai dalam cara tumbuh dan pemeliharaaannya. Jade plant memiliki batang yang tebal dengan cabang-cabang yang menjorok keluar seperti pohon mini.

3. Sansevieria 

Sansevieria atau lidah mertua memiliki daun menyerupai pedang yang runcing. Tanaman ini cukup bandel dan mudah beradaptasi dengan hampir semua kondisi, termasuk cahaya redup. kamu pun cukup menyiramnya saat tanah mulai kering ketika disentuh.

Arah tumbuh daunnya memanjang tinggi ke atas dengan warna kehijauan, menambah kesan interior rumah Anda menjadi lebih tegas namun tetap manis.

Selain itu, tanaman ini juga mampu menyerap racun melalui daunnya dan menghasilkan oksigen murni. Sehingga menjadikan sansevieria sebagai tanaman hias yang ideal diletakkan di kamar tidur maupun kamar mandi.

Apabila sebagian besar tumbuhan lain melepaskan karbon dioksida pada malam hari, sansevieria justru terus-menerus menghasilkan oksigen.