Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 TANDA GANGGUAN KECEMASAN YANG PERLU DISADARI

Kecemasan tentu saja pernah dirasakan oleh hampir semua orang, apalagi rasa gugup gimana ini memang sangat wajar untuk dirasakan khususnya ketika situasi buruk telah terjadi, akan tetapi pada kondisi tertentu kecemasan dan kegugupan yang dirasakan pada seseorang ini terkadang bisa saja terjadi secara berlebihan dan tidak seperti pada normalnya, seperti kecemasan sosial, fobia ataupun serangan panik. Berikut ini beberapa tanda gangguan kecemasan yang perlu Anda ketahui.








1.Mudah panik

Tanda gangguan kecemasan yang bisa dialami yang bisa anda ketahui selain yang pertama ialah mudah panik. Bagi Pak anda para penderita gangguan kecemasan, perasaan panik dan takut yang luar biasa ini dapat terjadi dan mampu untuk membuat anda tidak berdaya kau merasa panik pun ini juga lebih hebat dari normalnya dikarenakan dapat berlangsung beberapa menit yang disertai dengan jantung yang berdebar dengan kencang, pusing, tubuh lemas dan juga tubuh menjadi panas atau dingin, sakit perut serta dada nyeri, tangan rasa mati rasa, hingga masalah pernapasan.

Pada umumnya rasa panik ini terjadi khususnya pada penderita yang berada di tempat-tempat yang berhubungan dengan masa lalu, itulah mengapa pada beberapa orang dengan gangguan serangan panik hal ini akan mencoba menjauhi tempat-tempat Di mana mereka pernah mengalami serangan panik tersebut.

2.Gangguan tidur

Susah tidur ini merupakan salah satu gejala dari gangguan kecemasan yang paling umum yang bisa dialami, insomnia adalah jenis gangguan tidur yang paling kerap terjadi sebagai salah satu efek dari pikiran yang tersita, jika sulit tidur secara konsisten dan bahkan tanpa alasan maka anda bisa mencoba untuk berkonsultasi dengan psikiater atau psikolog untuk memperoleh bantuan. 

3.Rasa takut yang tak beralasan

Tante gangguan dari kecemasan yang bisa anda ketahui yang selanjutnya ialah rasa takut yang tidak beralasan di mana rasa takut yang tidak beralasan atau irasional ini ketakutan yang di luar kendali atau terasa hebat biasanya disebut juga dengan istilah fobia sehingga si penderita mencupasi sesuatu yang membuatnya takut, maka ketakutan yang tak beralasan atau fobia pada seseorang ini akan terlihat.

4.Otot sering tegang

Tanda dari gangguan kecemasan yang bisa dialami yang selanjutnya ialah otot sering tegang di mana ketegangan pada otot ini terjadi yang dialami sebagai tanda seseorang mengalami kecemasan yang berlebihan otot yang tegang ini akan dirasakan secara konstan, semacam mengeratkan rahang atau mengepalkan tangan di mana ini biasanya tidak ada orang yang bisa menyadarinya, berolahraga ini juga bisa membantu agar ketegangan otot menjadi lebih terkendalian yang mudah kamu jika gangguan kecemasan ini dapat kembali. 

5.Gangguan pencernaan kronis

Walaupun rasa cemas ini datangnya dari pikiranku mah terkadang hal ini juga berpengaruh pada fisik yang salah satunya ialah munculnya gangguan pencernaan kronis dikarenakan usus sensitif terhadap stress, IBS ini bisa terjadi yaitu sindrom iritasi usus yang mempunyai gejala mulai dari kram perut, sakit perut kembung, diare, sembelit atau perut ber gas.

Itulah dia beberapa tanda gangguan kecemasan yang perlu Anda ketahui di mana ini dapat terjadi pada siapa saja dan perlu Anda ketahui tanda-tandanya. Semoga bermanfaat!!