Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 CARA ATASI HEWAN MASUK KE TELINGA YANG BISA DILAKUKAN

Pernahkah anda mengalami hewan atau semut masuk ke dalam telinga. Pengalaman ini tentunya akan sangat mengganggu dan dapat menimbulkan ketidaknyamanan pada telinga. Apabila anda pernah mengalami hal ini maka apa sajakah yang perlu Anda lakukan? Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi hewan masuk telinga yang bisa anda lakukan.

1.Mencoba untuk tetap tenang

Cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi hewan masuk ke dalam telinga yang pertama ialah dengan tetap tenang dimana rasa panik ini hanya akan memicu gerakan berlebihan dari sisi serangga yang masuk ke dalam telinga Anda dan agar tidak menyebabkan ini masuk semakin dalam, tetap tenang walaupun terdapat suara bergerak berasal dari serangga tersebut, ada dengungan atau saluran telinga mulai terasa geli.

2.Memiringkan kepala

Cara untuk mengatasi serangga yang masuk ke dalam telinga yang bisa anda lakukan yang selanjutnya ialah dengan mengirimkan kepala, anda bisa memiringkan kepala saat serangga masuk ke dalam telinga secara berlawanan dengan bagian atau sisi telinga yang dimasuki telinga miringkanlah kepala anda dengan telinga kanan menghadap atas apabila telinga kirilah yang kemasukan serangga dan sebaliknya jika telinga kananlah yang kemasukan. 

3.Menghindari memasukkan benda lain atau jari ke dalam telinga

Di saat sesuatu masuk ke telinga otomatis maka kita akan memasukkan jari kita untuk menggapai lalu mengeluarkan, hanya saja mengambil serangga dari dalam telinga dengan menggunakan tangan atau dengan pinset serta cotton bud ini justru akan meningkatkan psiko luka di telinga atau malam mendorong si serangga masuk lebih dalam ke dalam telinga dimana anda perlu menghindari aksi memasukkan jari atau benda lain ke dalam telinga dan bila khawatir cedera bisa terjadi. 

4.Menetaskan minyak ke telinga

Cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi telinga yang tersumbat yang selanjutnya ialah dengan meneteskan minyak ke telinga di mana jika usai memiringkan kepala maka pastikan tetesi dengan minyak yang bersifat non iritatif agar dapat tidak melukai bagian di dalam telinga Anda bisa menggunakan baby oil atau minyak zaitun yang merupakan yang paling aman yang bisa anda gunakan atau bisa juga dengan menggunakan air hangat jika tidak tersedia minyak minyak tersebut.







Daun telinga ini juga bisa sedikit ditarik agar gelembung udara di dalam telinga beberapa detik dapat hilang dan pastikanlah agar tetesannya tidak terlalu berlebihan fungsi memasukkan minyak zaitun ataupun air hangat ialah antara serangga yang masuk bisa dibasmi sehingga untuk mengeluarkan nya.

5.Mengalirkan minyak atau air hangat keluar dari telinga

Cara yang bisa anda lakukan untuk menangani atau mengatasi telinga yang tersumbat yang selanjutnya ialah dengan mengeluarkan minyak atau air hangat keluar dari telinga, usai Anda menegaskan air hangat atau minyak ke dalam telinga maka miringkan lagi kepala ke sisi berlawanan yang kali ini akan bertujuan untuk mengeluarkan air ataupun minyak dari telinga dan biasanya sering seiring dengan keluarnya cairan dari dalam telinga maka serangga pun akan bisa keluar dari dalam telinga dan ulangi langkah dari awal karena belum seluruh bagian serangga dapat keluar. 

6.Tidak memaksa

Jika dari dalam telinga timbul rasa nyeri dan dimakan terjadi pembengkakan atau peradangan hingga kehilangan pendengaran maka hentikan upaya mengeluarkan serangga, jangan memaksakan upaya ini agar telinga tidak makin buruk kondisinya. Jika upaya mandiri ini tidak berhasil maka segera bawa ke dokter THT saja untuk diperiksakan agar penanganan menjadi lebih cepat dan bisa anda dapatkan.

Itulah di beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi hewan masuk ke dalam telinga. Semoga bermanfaa bagi kita semua. www,buatmakalah,com